Listrik Prabayar / Pulsa PLN

on 08 November 2010
Awal bulan ini, setelah menunggu sekian lama, akhirnya proses pemasangan meteran listrik di rumah (kontrakan) selesai. Saya kurang tau apakah sampai sebegitu lamakah menunggu permohonan baru dipasang? Selama ini hanya pakai satu master saja, yg dishare ke beberapa rumah. Cukup membuatku tidak nyaman semenjak pembayaran yg tidak jelas, rumah siapa pakai berapa, tinggal main bagi rata saja. Pengalaman mengontrak saya, tidak pernah membayar lebih dari 100 ribu per bulan utk daya 1300 watt. Ini kok malah lebih sih. Coba bayangkn si empunya microwave dan AC 2 PK serta mesin cuci turbo dgn leluasanya menggunakan seluruh brg elektroniknya tanpa menghiraukan pembayaran karna bagi rata. Oh really not satisfied! Sampai aku tidak bosan2nya mengingatkan si empunya kontrakan biar itu meteran PLN segera dipasang.

Tiba2 waktu pulang dari rutinitas sehari-hari, meteran listrik sudah terpasang (dgn sedikit tidak rapi) di dinding depan rumah. Pas ngeliat, kok ada tombol2 nya? Ternyata jenis meterannya adalah listrik prabayar. Sesuai dgn namanya, pembayaran listrik dilakukan dimuka dgn cara pengisian no voucher seperti pulsa handphone. Metode pembayaran dan pemakaiannya hampir sama seperti pulsa handphone prabayar. Isi pulsa sesuka mu, pakai sesuai dgn pulsa yg terisi. Cuma bedanya klw abis pulsa, listrik prabayar sama sekali tidak bisa dipakai alias mati sedangkan handphone masih bisa menerima telp/sms.

Menurut cerita dan pengalaman dari teman2, ada Pros and Cons pake listrik prabayar. Pros nya adalah: Tidak dikenakan biaya abonemen, Kita semakin mudah mengatur pemakaian listrik sehari-hari. Sedangkan Cons nya adalah: pemakainya harus cermat agar sebelum pulsa habis sudah memiliki voucher cadangan. Bisa dibayangkan kalau ada tamu/pesta di rumah tiba2 listrik mati karna pulsa habiss. Dohh.. udh gitu pas malam, hujan deras.. nyari2 voucher lg.. congratz!

Dimana bisa membeli vouchernya? Voucher bisa dibeli di atm atau kantor pos. Atau ada jg sekarang kios hp atau warnet yg sudah menjual pulsa listrik. Untungnya, semenjak ada ibanking urusan seperti itu tidak perlu dikhawatirkan lg.
Pembelian melalui IB Mandiri:
1. Masuk ke Menu Pembayaran -> Multi Payment
2. Pilih penyedia Jasa dgn kode 30300 PLN Prabayar
3. Masukkan Meter ID (sebelas digit)
4. Tentukan amount atau jumlah pulsa yg akan dibeli
5. Tekan tombol lanjutkan dan validasi token
6. Jika proses pembayaran berhasil, akan muncul 20 digit no voucher yg akan diinput pada meteran

Dari hasil pengamatan saya, jika saya mengisi nilai voucher Rp. 50 ribu, daya yg bertambah adalah 61.5 kwH. Jadi bisa disimpulkan harga per 1 kwH saat ini sekitar Rp.813,-.

Hal yg paling berdampak besar sebenarnya dgn hadirnya listrik prabayar adalah pemakai diajak untuk semakin sadar menghemat energi di bumi. Yah ideologinya seperti pulsa hp tadi. Jika kita pake pulsa pascabayar, yg dipakai suka2 baru dibayar, pasti lebih boros ketimbang pakai yg prabayar, karna lebih sering nge-cek pulsa. He3..

0 comments: