Akhirnya S.Kom Juga

on 03 February 2009
Kemarin merupakan hari yang bersejarah bagiku, ketika aku harus menghadapi Ujian Pendadaran alias sidang skripsi S1. Persiapanku dan Lady begitu singkat. Tidak lebih dari seminggu. Penyususanan skrispsinya sendiri kurang dari tiga bulan.

Hujan deras pagi itu, tidak setitik pun mengalahkan semangatku untuk pergi ke Binus Anggrek, Kebon Jeruk. Sedari malam sampai dengan pagi, hujan deras tak henti-hentinya membasahi alam kota Jakarta. Rencana sudah kutetapkan kemarin malam. Aku dan Lady akan menggunakan taxi, jika hujan tidak kunjung reda. Notebook dan dokumen diletakkan dalam tas ransel, sedangkan pakaian dan perlengkapan lain dibawa dalam tas plastik. Hari itu jalanan macet sekali. Di beberapa ruas jalan kendaraan harus merayap sayap. Sampai pada akhirnya kami memutuskan untuk mengakhiri sewa taxi ditengah2 kemacetan dan hujan deras, dan mulai menapakkan kaki sampai ke Binus. Sesampainya, langsung kucari kamar ganti untuk bersalin dengan kostum putih hitam dan dasi. (Kusadari bahwa payungku hilang disini).

Aku dan Lady langsung menuju ruangan, melatih beberapa bagian presentasi dan setting infocus. Dosen penguji datang dan mulai melakukan pendadaran pada kelompok pertama. Untungnya kami berada kelompok kedua, sehingga waktu persiapan bisa lebih banyak. Giliran kami pun tiba, mempresentasikan hasil analisis dan perancangan selama skripsi. Untunglah perasaan deg-degan dan takut mulai berkurang. Segala proses berjalan dengan lancar sampai akhirnya salah seorang dari penguji mengatakan, "Selamat, Anda Lulus!" Perasaan senang bercampur sedih menyelimuti diriku saat itu. Yes, we did it! Perjuangan kurang lebih dua tahun pun telah selesai. Now What? We are now S.kom, right? Lulus Sarjana Komputer, bukan Sumbu Kompor ya, He3. Demikian nama dan gelar baruku :) 

Daniel H. Sibarani A.md, S.Kom.

Maklum la, agak narsis sedikit. It's bcos I spent many efforts on this. Do you know how difficult it was to share the time and task while working in Jakarta? You need to deal also with your boss and the client where you work with. Besides, if you send yourself to the lecture, saving money to pay for tuition is a must.

Setelah aku resmi diberitakan lulus oleh dosen penguji, berita baik ini langsung diproklamasikan ke semua anggota keluarga. Semuanya ikut senang dan memberikan selamat. Thank you.. Thank you.. Hari itu kami langsung cari makan. Sesuatu yang mengandung "pork".. Ha3..Dasar! Apa hubungannya?

Wisudanya kapan ya? Pertanyaan itu pernah ku lontarkan sebelum sidang. Dengan PeDe nya merasa udah pasti lulus. "Mungkin sekitar bulan Juni, pak". Yah, udah basbang dong ya.. kok sampai selama itu? Wes lah, bisa lulus aja udah syukur.

Special Thanks to my lovely mome, brother, and sisters. You are the great supporters ever. And above all, Thanks to You, God. This is all Your will.

0 comments: