Beli dan Shipping Mobil Baru

on 18 December 2009
JustShare: Pengalaman Beli dan Shipping Mobil Baru Jakarta - Medan

Setelah sekian lama ditunggu2, maka impian utk memiliki mobil baru pun akhirnya kesampaian. Sebelum memutuskan utk membeli mobil sebenarnya sudah buat nota janji ke seorang sales Auto 2000 agar datang ke rumah untuk memberikan pencerahan mengenai paket penjualan mobil dan simulasi kredit. Tapi entah kenapa aku dan Lady membatalkan kedatangan si sales. Sepertinya kalo kami datangi langsung ke dealer sambil melihat2 mobil yg mo dibeli mungkin info akan lebih lengkap. Mobil yg dibicarakn dsini adalah Toyota Avanza, tapi masih bingung antara tipe G atw S. Warnanya jg masih ragu2 antara gray atw black metalik, yg nantinya akan dipakai di Medan. Karna di Medan statusnya inden dan tak tau sampai kapan baru ready stock ditambah lg keberadaaan mobil tsb sgt dibutuhkan Desember ini, maka mobil dibeli dari Jakarta dan dikirim via laut ke Medan. Toh harga jual di Medan bisa Rp.4-5 juta lebih mahal dari yg di Jakarta.

This is it with lady inside.

Siang itu sekitar pukul 9, kami langsung menuju A2000 yg di sunter, karna kami rasa dealer tsb lebih dekat dgn HO nya jd mungkin stoknya lebih banyak. Memang saat kami dtg kesana, status mobilnya ready stock. Kami diberikan penjelasan yg detail sampai semuanya clear, lalu kami tanyakan ke bang David, abangnya Lady di Medan, kira2 apalagi yg kurang..sebelum booking fee sebesar 5 juta kami berikan. Ternyata, setelah berbincang2 ditelpon, seharusnya kami dapat fee atas pembelian mobil tsb karna kami bisa dikatakan mediator kepada pembeli. Masuk akal jg sih, itu mungkin keuntungan yg diambil dari seorang sales (yg batal dtg). Tapi harusnya penyampaiannya di awal. Kalo udh di akhir2 gini gmn bilangnya ya? Akhirnya kami cari alasan utk tidak booking di tempat itu. Cari A2000 lain dan ketemu di Galur dan langsung nego komisi. Pada awalnya sih mereka bilang komisi paling besar Rp.500rb, eh ternyata nego2 lg..tembus jg hampir 2x lipat. Lumayanlah.. Akhirnya sebuah Avanza tipe S (yg paling tinggi di serinya) dgn warna black metalik jd booking di tempat ini. :)

car checked by lady. apanya kw cek lad? macamnya..

Seminggu kemudian, mobil yg di order pun tiba di show room. Setelah sarung jok dipasang dan mobil dibersihkan, akhirnya kami diundang utk melihat-lihat. Sembari menunggu Plat dan STNK jadi (seminggu lg), kami mencari car shipping via laut dari Jakarta ke Medan yg harganya reasonable, dan kami menemukan Toyofuji, kapal angkut mobil khusus Toyota. Ini shipping yg paling murah (sekitar Rp. 3,5 jt) ketimbang yg lain, yg harganya bisa mencapai Rp. 6-10jt. Sedangkan asuransi pd saat pengiriman kami ambil yg meng-cover all-risk (sudah termasuk hilang sebagian/keseluruhan (total lost), lecet, penyok, pecah, dll) yg diprovide dari Tokio Marine dgn biayanya 0.15% dari harga beli mobil. Ini jg asuransinya kami temukan yg berani cover all-risk dan bisa dikatankan paling murah. Mostly pihak asuransi hanya berani meng-cover total lost (kemungkinan seperti ini kn kecil sekali).

lady is having a test drive ecek2.

Mumpung mobilnya mo di shipping ke Medan, aku titip TV ku dan pelengkapnya dimasukin ke dalam mobil utk dikirim ke rumah. Sudah 2 tahun dan pengen ganti dgn LCD, tp rasanya tidak tega utk dijual, Jd selagi ada acara shipping2an skalian aj TV nya dimasukkin. Jadi kalo anda jg berencana mau shipping mobil dan ada niat kirim barang jg, barang yg akan dikirim masukin aj ke dalam mobil tsb. Hemat dan efisien ketimbang harus dipaketkan lewat ekspedisi atw dibawa2 via pesawat. Terbayang bagaimana mahal dan repotnya. Kalau mau diasuransikan jg tidak masalah, tinggal dikalikan 0.15% dari harga beli barang (kalo baru, kalo tidak baru ya diestimasi saja brp harga jualnya).

bye my tv.. see u in siantar.

Kapal sempat tidak berangkat disebabkan kuantiti mobil yg dikirim ke Medan belum mencapai batas minimum. Karna kapal hanya berangkat secara direct ke Medan sekali seminggu, maka sempat 1 minggu pengiriman mobil tertunda. Setelah serah terima kunci dan sehari sebelum kapal berangkat, mobil dijemput oleh penyedia jasa untuk dibawa ke pool mereka sebelum dinaikkan ke kapal pd malam harinya. Ya namanya awam yg baru berurusan dgn shipping mobil.. yg pengen tahu, takut tertipu, dan penuh rasa curiga, jd kami turut serta mengantar mobil ke pool mereka di port Tj.Priok. Dan memang sesampainya di tkp ada begitu byk mobil baru yg akan dishipping ke beberapa tempat di Indonesia.

car before shipped, jepret dulu sbelum berpisah.

Akhirnya mobil kami lepas. Kapal berangkat jm 11 pagi ini dan sudah bisa diambil paling lama hr Senin siang di belawan, Medan.

Thanks to Ms. Nisfu (Galur A2000's sales) and Mr. Anton (from car shipping).
(Updated) Mobil sudah sampai di Medan dgn kondisi bagus.

0 comments: