A Film You Must See: Avatar

on 05 February 2010
"Cool Abiezz!" Gitulah ungkapku setelah nonton film yg diproduseri James Cameron ini beberapa hari yg lalu. Setelah sukses di film Titanic-nya, Cameron kembali mengebrak dunia perfilman adventure dan animasi berjudul Avatar. Lama sebelum film ini dibuat, kukira ini adalah film version The Legend of Aang yg kartun itu, yg ada Eng, Katara, Saka, dkk. He3.. ternyata beda karna sudah terinspirasi dan nonton sampai chapter 3. Film yg berdurasi 2 jam lebih dikit ini betul2 membuat tak beranjak dari tempat.

Merasa puas dgn theatre versionnya, aku mencari CD nya berminggu2 sampai kualitas gambarnya sudah OK. Maklum.. sekalian mau coba new Samsung LCD TV ku itu.. Ahhai..narsis dikit boleh ya.. OK, jadi ulasan ceritanya begini..

Pada tahun 2154, manusia di bumi (bangsa amerika) berhasil menemukan mineral Unobtanium di Planet Pandora, di gugusan Alpha Centaury. Pandora dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup yg unik (tumbuhan dan binatang) mulai dari yg elok sampai yg sanggar, termasuk bangsa Na'vi yg tingginya 3m, kuat, dan berkulit biru sebagai penduduk asli yang menetap dikawasan yg kaya akan mineral batuan tsb. Mineral tsb sangat diperlukan di bumi untuk keperluan kapal angkasa dan harga jualnya mencapai $20 juta se-kilo nya. Itulah alasan utama mengapa dilakukan misi perjalan sampai sejauh ini.

Karena manusia tidak bisa dgn leluasa menghirup udara di planet ini, maka diciptakanlah satu program Avatar, yaitu manusia yg secara genetis sama persis dgn Na'vi. Jake Sully (Sam Worthington) sebagai mantan Marinir Amerika yg lumpuh terpilih untuk menjalani program Avatar dan dijanjikan imbalan dapat berjalan kembali asalkan Jake harus bisa bernegosiasi dgn bangsa Na'vi agar bersedia dipindahkan ke tempat lain. Jika tidak, mereka akan diusir secara paksa (dimusnahkan).


Seiring berjalannya waktu, Jake diterima menjadi salah seorang dari mereka (Na'vi) dan jatuh hati pada seorang perempuan Na'vi bernama Neytiri (Zoe SaldaƱa). Karena kecintaan Jake dgn Na'vi dan alamnya sudah melekat, dan melihat ketamakan negaranya yg sewenang-wenang, akhirnya dia memilih untuk berjuang mempertahankan wilayah Na'vi. Dgn kecerdasan dan keberanian yg dimiliki, Jake memimpin bangsa Na'vi dalam sebuah perang dgn manusia bumi dan berhasil merebut kembali tanah tinggal mereka. Semangat peperangan bangsa Navi yg mengandalkan alam melawan manusia bumi dgn senjata yg super2 canggih sungguh membuat kagum.

Masih banyak bagian lain yg harus dilihat. Pandora itself, flying mountain, Eywa, Ikran, Toruk, etc..etc. Coba tonton dan jamin tak menyesal. Ditambah suara Leona Lewis yg membawakan OST Avatar dgn judul I See You, merupakan packaging yg komplit. Avatar telah dinominasikan 9 Academy Awards, including Best Picture and Best Director. So benar2 "a film you must see" kan.

0 comments: