Pro Crystal Enterprise / BusinessObjects XI Programming

on 08 April 2008
Gotcha! Pro Crystal Enterprise / BusinessObjects XI Programming (Pro) by Jr., Carl Ganz.
Ebook ni udah hampir 2 minggu aku & Lady hunting. Gak ktemu man, yang ada cuma covernya trus disampingnya ada label harga (ya sama aj boong!). Adapun yg free, lagi-lagi ktemu link yang udah expired di file sharing manapun. Akhirnya seorang teman memberikan referensi web yang bagus dan bisa dikatakan complete juga lah. Bukan cuma ebook, software jg ada kok.

Sebenarnya dari dulu tuh, aku udah tertarik sama yg namanya BO (BusinessObjects). Cuma gak kesampaian. Ahlinya yang di jatis udah gak pernah ktemu lg. Mau gak mau terpaksa otodidak. Waktu itu aku terkesima liat digital dashboard system buat KPI inco. Reportnya gak 3D lagi, tp udah ber DD. Layoutnya macem2 lg.

Nah, sekarang mo belajar BO buat kebutuhan penulisan skripsi. Secara topik sudah ditentukan, yaitu Executive Information System dengan menggunakan aplikasi Digital Dashboard. Aplikasi Digital Dashboardnya sendiri akan dibangun dengan menggunakan teknologi VS.Net 2005, BO XI, dan SQL Server/Oracle (tergantung db client).

Selayaknya reporting analysis tool, aplikasi ini diharapkan dapat membantu para executive perusahaan dalam decision making. Karena data perusahaan yang sangat kompleks sudah dianalisis dan di-summarize kedalam bentuk yang lebih interaktif dan dinamis (drill down and drill through), makanya helpful banget kan buat para top level management.

Kalo dipikir-pikir skripsi nanti cukup menantang. Kalo biasa-biasa aj kan.. it won't makes us wonder la.. Kan gak keren gitu kalo pas meja hijau. Pengen rasanya liat para penguji ternganga seraya mengatakan "Wow..
Unbelievable! Did you develop it by yourself?".
Amin..amin.. Moga aj sukses ya, aku dan Lady.

0 comments: