Welcome Home, December

on 01 December 2006
Hurray! Penantian yg begitu lama akhirnya datang jua. Tak terasa bulan penuh rahmat, sukacita, keberuntungan, serta kenangan sudah menyambut di depan mata. Desember 2006 yang sangat kunanti-nantikan selama setahun lebih. Bagaimana tidak, ada Project closed dan project baru lg, cuti panjang, THR dan perdiem dari 2 tempat, Natal dan Taon Baru, serta Meet my familyyyyyy...(sambil teriak histeris). Rencananya, if God wants me to, tahun ini aku akan berkumpul dan merasakan hikmat Natal bersama dengan keluargaku di pematangsiantar, sekaligus merayakan hari ultah mamaku yg ke-52. Oh, praise Jesus for all He've done for my single mother. Ada begitu banyak moment yg biasanya kami share bersama di rumah.

Rutinitasku bulan ini di Jakarta cuma sebentar karna cuti kali ini cukup panjang, ya..bisa dikatakan flexibel lah. Semoga tak ada perubahan yg siknifikan. Meski demikian, aku takkan menyia-nyiakan sedikitpun waktuku nanti untuk beristirahat di kampung halaman. Yang harus dilakukan adalah Enjoying. Ya, menikmati masakan mamaku yg paling lezat sedunia, dan tak luput untuk mecicipi makanan enak disana, spt kue ganda, mie pansit/goreng, dan bakpau. Untuk masakan khas yg berbahan dasar pork alias B2, ku serahkan pada ahlinya, mamaku. Belum lagi keluar malam ke Pajak Horas, depan Pujasera, jalan bandung, simpang empat, jalan medan, dll. Bertebaranlah makanan mulai dari non-kol sampai ke super-kol(esterol). Walau kota kelahiranku itu kecil, namun menyimpan sejuta kenikmatan. Apa masih seperti itu, ya? Hmmn...

Hal pertama yg terlintas dibenakku ketika pulang nanti, apakah ada perubahan di rumah? Tapi yang jelas, seperti biasa setiap dua tahun sekali, kami selalu mencat rumah bersama, dan tahun ini tepatnya, sekitar tgl 23. Kakakku akan disibukkan dengan masak cake dan kue2 kecilnya sekitar tgl 27. Sementara mamaku akan sibuk memasak rendang, kari ayam, soup, ketupat, yg akan dibawa ke sanak keluarga atau disajikan pada tamu2, ini sekitar tgl 30. Semua daging itu diperoleh dari hasil marbinda (bagi hasil. red) dari segala perkumpulan. Kalau abangku biasanya akan memborong minuman kaleng, bir, markisa, perlengkapan hura2, spt lilin, kembang api, mercun, dan terompet sekitar tgl 24 dan 31. Karena biasanya sanak saudara kami banyak yg datang pada malamnya (sudah seperti ceremony karna orangtuaku itu dua2 anak sulung di keluarganya). Bisa bayangkan ada 10 keluarga dari bapak dan 8 keluarga dari mama. Masing2 akan membawa tart dan rendang. Sedangkan aku hanya akan menikmati hasil kerjakeras mereka sambil menikmati parcel tahunan dari rekan2 bapak, mama, abang, dan kakakku. Kolesterol! Siapa takut!

Kalau bersilaturahmi ke rumah sodara sudah pasti, dan rasa-rasanya apa yg akan menjadi topik pembahasan adalah aku. Maklum.. sudah lama tidak menunjukkan wujud. Sudah bisalah terbayangkanku suasananya nanti. Oh ya, satu kegiatan yg hampir lupa kusebutkan, jiarah ke makam bapakku sebelum Natal. Kayak apa bentuk makam itu sekarang? Mungkin disinilah nanti perananku untuk merenovasinya. Tiga tahun Natal telah berlalu tanpa adanya bapakku. I know he's in a better place right now.

About my old friends, kalau teman2 SMA ku jadi pulkam, moment2 seperti dulu pasti akan terulang kembali. Nginap disuatu tempat yg penuh history (ada deh..), BBQ, sharing, silaturahmi ke rumah masing2 (makan2 tentunya). Meski sekarang keadaan sudah berubah (lebih dewasa) karena ada yg sudah bergelar dokter, sarjana, dan militer, namun aku yakin sifat asli pasti gk akan hilang, ya kan! Hahaha..

Dengan melintasi sederetan kegiatan di atas, maka disitulah kenangan itu akan terukir dengan indahnya. Mulai awal Desember ini, aku sudah merasakan nuansa penyambutan Natal dan Taon Baru itu. Tak tahan menunggu lebih lama lagi.

Selamat Menjelang Natal, Semuanya....

0 comments: